JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Implementasi Strategi Kontekstual pada Mata Pelajaran Fiqih di SMP Madani Marendal 1

Arlina, Arlina (Unknown)
Syahria, Bunga Alfi (Unknown)
Winda, Winda (Unknown)
Prabowo, Muhammad Inggit (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggambarkan strategi guru dalam menerapkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran fiqih untuk siswa kelas VII di SMP Madani Marendal 1. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai strategi, termasuk persiapan bahan bacaan terkait fiqih, penyusunan kisi-kisi contoh konkret, memberi kesempatan kepada siswa untuk berbicara berdasarkan realitas sekitar, dan mengajak siswa mengamati realitas di luar sekolah sesuai dengan materi fiqih. Metode pembelajaran kontekstual tidak hanya mentransfer ilmu, melainkan juga memberi siswa kesempatan untuk mencoba, merenkonstruksi, dan mengaitkan materi ajar dengan kehidupan nyata, dengan tujuan agar mereka dapat mengatasi berbagai permasalahan dalam diri, keluarga, dan masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...