JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Tilatangkamang

Zikri, Afdhal (Unknown)
Novio, Rery (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Problematika guru dalam perangkat ajar, 2) Problematika guru dalam pembelajaran berdiferensiasi dan 3) Problematika guru dalam merancang assesmen di SMA Negeri 1 Tilatang Kamang. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan metode kualitatif yang dilakukan dengan informan sebanyak 17 orang yang terdiri dari guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasiTemuan penelitian menunjukkan bahwa strategi pengajaran yang digunakan oleh instruktur meliputi CP, ATP, Modul Ajar, Modul Projek, dan Buku Ajar. Tantangan yang dihadapi saat membagi rencana pembelajaran dan rencana proyek adalah jam kerja yang panjang dan materi pembelajaran yang berbasis topik. Kendala dalam pembelajaran berdiferensiasi yaitu menentukan model ajar sesuai dengan kebutuhan anak. Kendala dalam merancang assesmen yaitu pembuatan stimulus yang memerlukan waktu lama karena pembuatan stimulus yang harus berbentuk narasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...