Inovasi pendidikan merupakan upaya peningkatan dalam pencapain pendidikan yang lebih berkualitas dan bermutu. Pembaruan pendidikan di era modern ini layak di perhatikan bagi seluruh instansi pendidikan. Di daerah Jawa Barat lebih tepatnya di wilayah kabupaten Purwakarta juga berdampak dengan adanya inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan proses pembelajaran di Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep penerapan inovasi pendidikan di SDN 8 Nagri Kaler, namun terdapat aspek-aspek utama dalam penerapan inovasi pendidikan yang wajib menjadi perhatian, yakni: guru, siswa, dan fasilitas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sehingga hal tersebut bisa menjadi informasi yang berguna dan mudah dipahami oleh para pembaca. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan aspek – aspek utama dalam melakukan penerapan inovasi, yakni: guru,siswa, dan fasilitas. Pada ketiga aspek tersebut telah banyak mengalami perkembangan dan telah melaksanakan penerapan inovasi yang ingin dicapai. Meskipun didalam pelaksanaannya masih banyak hambatan dan juga kekurangan, kepala sekolah selalu mengontrol kegiatan inovasi dengan melakukan evaluasi di akhir tahun. Hal ini dilakukan agar penerapan inovasi berkembang dan mencapai target.
Copyrights © 2024