JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Analisis Transformasi Perilaku Konsumtif Konsumen terhadap Layanan E-Commerce

Yana, Azzahra Diva (Unknown)
Putri, Nadia Pradana (Unknown)
Irawati, Suci (Unknown)
Pernanda, Aprival Jacky (Unknown)
Nofirda, Fitri Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2024

Abstract

Pemanfaatan internet telah mengalami pertumbuhan cepat dan menjadi elemen kunci dalam ekonomi serta memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari. Pengguna internet kini berasal dari berbagai kelompok usia, termasuk anak-anak, orang dewasa, dan lansia, yang semakin bergantung pada internet untuk hiburan dan berbelanja. Belanja online telah menjadi rutinitas, namun perubahan perilaku konsumen juga telah terjadi. Banyak konsumen kini cenderung berbelanja berdasarkan keinginan daripada kebutuhan, dan dampaknya mencakup aspek ekonomi, sosial, dan psikologis, seperti pemborosan dan ketidakdisiplinan finansial.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan memanfaatkan kuisioner untuk mengidentifikasi perubahan perilaku konsumen terhadap layanan e-commerce. Hasil analisis menunjukkan penurunan kunjungan ke toko fisik, kuatnya pengaruh media sosial, kecenderungan untuk berbelanja tanpa perencanaan, dan faktor motivasi seperti diskon, cashback, dan perhatian terhadap produk berkelanjutan. Di samping itu, teknologi dan inovasi dalam e-commerce mendukung konsumen dalam membeli produk berkelanjutan. Walaupun sebagian besar konsumen masih menghargai pengalaman berbelanja di toko fisik, berbelanja online dianggap lebih praktis. Temuan ini menegaskan pentingnya memahami preferensi konsumen serta menerapkan strategi pemasaran yang sesuai di tengah perkembangan e-commerce dan kemajuan teknologi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...