JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Konsep Pendidikan Alamiah dalam Kurikulum Merdeka Menurut Pandangan Jean – Jacques Rousseau

Lasterman, Noldianto Marianus (Unknown)
Sihotang, Hotmaulina (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2024

Abstract

Studi ini membahas tentang konsep pendidikan alamiah yang berasal dari pemikiran Jean-Jacques Rousseau, seorang filsuf abad ke-18, dan bagaimana konsep ini dapat diaplikasikan dalam konteks Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan dalam penulisan studi ini adalah kajian literatur yang diambil dari beberapa sumber yakni: jurnal, buku, dan dokumen lain yang memiliki relevansi dengan penulisan studi ini. Pemikiran Rousseau, yang terutama terdokumentasi dalam karyanya "Emile, or On Education", menekankan pentingnya pendidikan yang sesuai dengan sifat alamiah manusia. Konsep ini mengusulkan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada pengalaman langsung, memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk mengembangkan diri mereka sendiri, dan menekankan pada pendidikan moral dan emosional. Dalam konteks Kuriulum Merdeka, pemikiran ini menjadi dasar untuk merancang kurikulum yang lebih kontekstual, menekankan kebebasan belajar, serta pengembangan karakter dan moral. Meskipun Rousseau memberikan landasan yang kuat, implementasi konsep ini dalam Kurikulum Merdeka perlu mempertimbangkan konteks sosial dan budaya lokal, sehingga dapat memberikan pendidikan yang relevan dan efektif bagi masyarakat Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...