JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Peran Podcast Sebagai Implikasi Media Di Era 5.0 dalam Penyiaran Modern dengan Menggunakan Teori Kebutuhan

Sampurna, Ahmad (Unknown)
Wulan, Amanda (Unknown)
Firdianti, Rizka Aulia (Unknown)
Hasibuan, Widya Husaini (Unknown)
Fadhali, Rindra Hauzan (Unknown)
Ramadani, Tiara (Unknown)
Lamnur, Rafi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2024

Abstract

Podcast melibatkan pengunduhan serangkaian siaran audio atau video ke pemutar media digital, melalui ponsel pintar, komputer.Podcast digunakan sebagai media perkuliahan oleh beberapa dosen di Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sumatera utara, dan keefektifannya sebagai alat perkuliahan untuk orang dewasa, masih harus terus dikembangkan. Penelitian ini berjenis kuantitatif. Tujuanpenelitian ini adalah meneliti persepsi mahasiswa tentang efektivitas penggunaan podcast dan media revisi konvensional. Penelitian ini dilakukan oleh 127 responden mahasiswa. Kuesioner dibagikan setelah mahasiswa menyelesaikan materi perkuliahan dan sebelum Ujian Akhir Semester (UAS) pada mata kuliah Metodologi Dakwah. Kuesioner menggunakan skala Likert lima poin untuk membandingkan sikap mereka dalam merevisi hasil perkuliahan terhadap ceramah Dosen, podcast, catatan dan modul kuliah Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mempersepsi podcast adalah media revisi yang lebih efektif daripada modul dan lebih efisien daripada catatan mereka sendiri. Mahasiswa juga menunjukkan bahwa mereka lebih mudah menerima materi perkuliahan dalam bentuk podcast daripada ceramah Dosen atau modul kuliah. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan podcast sebagai media revisi memiliki manfaat yang jelas, terutama hal waktu yang mereka gunakan untuk merevisi dan seberapa banyak mereka merasa dapat belajar. Podcast memiliki potensi signifikan sebagai media perkuliahan inovatif untuk mahasiswa di Perguruan Tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...