Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim komunikasi dan kinerja guru dalam proses pembelajaran di SMKN Kecamatan Lubuk Begalung. Penelitian ini melibatkan seluruh guru di SMKN Kecamatan Lubuk Begalung, yang berjumlah 224 orang. Sampel sebanyak 68 orang dipilih menggunakan teknik proporsional stratified random sampling dengan menggunakan rumus Cochran. Instrumen yang digunakan adalah skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitas.Temuan utama penelitian mencakup: 1) Iklim komunikasi dinilai baik dengan skor 4.17; 2) Kinerja guru mendapatkan skor 4.19; 3) Adanya hubungan signifikan antara iklim komunikasi dan kinerja guru dalam pembelajaran di SMKN Kecamatan Lubuk Begalung, yang terindikasi oleh koefisien korelasi sebesar 0.920 dan uji korelasi sebesar 19.096 pada tingkat signifikansi 5%.
Copyrights © 2024