JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Persepsi Guru Tentang Pelaksanaan Supervisi Akademik di SMK Negeri Bidang Bisnis Manajemen Se-Kota Padang

Sasqia Ayushandra (Departemen Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang)
Hanif Al Kadri (Departemen Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang)
Hadiyanto Hadiyanto (Departemen Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang)
Hade Afriansyah (Departemen Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi terkait dengan Persepsi Guru Tentang Pelaksaan Supervisi Akademik di SMK Negeri Bidang Bisnis Manajemen se-Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMK Negeri Bidang Bisnis Manajemen se-Kota Padang dengan jumlah 169 orang. Sampel penelitian ini di ambil dengan teknik propotional stratified random sampling dengan rumus Slovin, sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 53 orang. Instrumen yang digunakan yakni angket dengan skala likert yang sudah di uji validitas serta reliabilitas. Temuan utama meliputi 1) aspek pengumpulan data dalam pelaksanaan supervisi akademik dinilai baik dengan skor rata-rata 4,47. 2) aspek penilaian dalam pelaksanaan supervisi akademik dinilai baik dengan skor rata-rata 4,38. 3) aspek deteksi kelemahan dalam pelaksanaan supervisi akademik dinilai baik dengan skor rata-rata 4,46. 4) aspek perbaikan kelemahan dalam pelaksanaan supervise akademik dinilai baik dengan skor rata-rata 4,50. 5) aspek bimbingan dan pengembangan dalam pelaksanaan supervisi akademik dinilai baik dengan skor rata-rata 4,47.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...