JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Validasi E-Modul Fisika Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Gelombang Kelas XI SMA/MA

Asyshifa Astri, Neno (Unknown)
Hufri, Hufri (Unknown)
Gusnedi, Gusnedi (Unknown)
Yulia Sari, Silvi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2024

Abstract

Sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yaitu terintegrasinya Teknologi Informasi dalam pembelajaran fisika, maka guru dapat membuat atau mengembangkan suatu bahan ajar. Berdasarkan analisis kebutuhan di SMAS Adabiah Padang sebagian besar bahan ajar yang digunakan berupa buku teks fisika dan lembar kerja peserta didik (LKPD) dalam bentuk cetak pula, sehingga bahan ajar tersebut kurang menunjang dalam proses pembelajaran. Salah satu solusinya dengan mengembangkan e-modul fisika berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket validasi diberikan 3 orang dosen Fisika UNP serta 2 orang guru Fisika didua SMA yang berbeda di kota Padang. Hasil dari validitas e-modul fisika sebesar 91,76% dengan kategori sangat valid. Oleh karena itu, e-modul fisika berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi gelombang kelas XI SMA yang dikembangkan telah valid.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...