Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik masih rendah. Tujuan penelitian adalah untuk mendeksripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan model Problem Based Learning (PBL) Kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah pendidik dan peserta didik kelas V SD Negeri 09 Parak Gadang Kecamatan Padang Timur yang terdiri dari 21 orang peserta didik. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrument penelitian adalah lembar observasi, lembar tes dan non tes. Hasil pengamatan terlihat RPP siklus I 86,25%, siklus II 97,5%. Pelaksanaan aktifitas guru siklus I 85,6%, meningkat di siklus II 96,4%. Aktifitas peserta didik siklus I 83,9% dan siklus II 96,4%. Pada hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh rata-rata nilai 79,3 dan siklus II 90,7. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2024