JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Inquiry-Based Mathematics Education: Enhancing Learning Outcomes in Primary Schools through Classroom Action

Poloria Silalahi (UPT SD Negeri No.034805.Sopobutar)
Asnita Hasibuan (Universitas Katolik Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengeksplorasi pengaruh penerapan Metode Inkuiri terhadap pembelajaran matematika di kelas V sekolah dasar. Metode inkuiri dipilih sebagai suatu pendekatan yang secara aktif melibatkan siswa, mendorong pemecahan masalah secara mandiri, dan meningkatkan pemahaman ide-ide matematika. Penelitian ini dilaksanakan melalui Pendekatan Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahap, meliputi persiapan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas lima sebuah sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan analisis hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang cukup besar pada partisipasi siswa, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar matematika setelah menggunakan Metode Inkuiri. Siklus pembelajaran PTK memberikan ruang refleksi dan perubahan taktik pembelajaran. Peran guru sebagai fasilitator dalam Metode Inkuiri menjadi kunci keberhasilan, memastikan kegiatan inkuiri sesuai dengan tujuan pembelajaran. Meskipun hasil yang diperoleh pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup besar, namun penelitian ini menekankan perlunya pengembangan berkelanjutan dalam penggunaan Metode Inkuiri untuk mencapai hasil yang optimal dan bertahan lama. Temuan ini berkontribusi pada pengetahuan tentang metodologi pembelajaran yang efektif dalam konteks pengajaran matematika tingkat dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...