JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Empowering Elementary School Teachers through Technology-Based Learning: A Community Service Initiative at SD Negeri Wono Sari

Susilawati Susilawati (SD Negeri Wono Sari)
Asnita Hasibuan (Universitas Katolik Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Inisiatif pengabdian kepada masyarakat ini berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri Wono Sari dengan memberikan bimbingan materi pembelajaran berbasis teknologi kepada guru sekolah dasar. Upaya yang dilakukan melalui sesi perkuliahan difokuskan pada pemberdayaan instruktur dengan pengetahuan dan kemampuan untuk mengintegrasikan teknologi secara efektif ke dalam metode pengajaran mereka. Sesi ini mencakup ceramah tentang dasar-dasar perangkat keras dan perangkat lunak, ide-ide untuk integrasi kurikulum, dan manfaat umum penerapan teknologi di kelas. Metodologinya mengadopsi pendekatan berbasis ceramah, menekankan pemahaman teoritis dan penerapan praktis teknologi dalam pengajaran. Efektivitas inisiatif ini terlihat jelas dari umpan balik positif yang diperoleh dari para guru yang berpartisipasi, yang menyatakan keyakinan dan motivasi yang lebih besar dalam mengadopsi teknologi. Sesi lokakarya langsung memainkan peran penting dalam menunjukkan manfaat langsung dari penggabungan teknologi ke dalam teknik pengajaran mereka. Pencapaian yang baik dari proyek pengabdian masyarakat ini menyoroti potensi penerapannya yang diperluas di lembaga pendidikan lainnya. Proyek ini tidak hanya memberdayakan instruktur di SD Negeri Wono Sari tetapi juga berkontribusi dalam melatih para pendidik untuk menangani tantangan dan peluang yang diberikan oleh dunia digital. Abstrak ini menangkap aspek-aspek penting dan faktor keberhasilan upaya pengabdian masyarakat, membuka jalan untuk direplikasi dalam lingkungan pendidikan serupa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...