JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Empowering Education through Sustainable Practices: Harnessing Household Waste for Innovative Learning Media in UPT SD Negeri No.034805.Sopobutar

Poloria Silalahi (UPT SD Negeri No.034805.Sopobutar)
Asnita Hasibuan (Universitas Katolik Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Upaya tersebut mencakup keterlibatan aktif siswa dalam mengumpulkan dan mengolah sampah rumah tangga, mengubahnya menjadi bahan pembelajaran yang bagus. Proyek ini berhasil mengubah sikap siswa terhadap sampah, mendorong mereka untuk memandang sampah sebagai sumber daya dan bukan sekedar barang sekali pakai. Perubahan mentalitas ini tidak hanya membantu pengurangan sampah tetapi juga menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan. Melalui keterlibatan langsung, siswa mendapatkan pemahaman praktis tentang keberlanjutan, menghargai pengaruh positif daur ulang terhadap lingkungan. Proyek ini berfungsi sebagai katalis bagi siswa untuk menjadi pendukung keberlanjutan, yang mempengaruhi kebiasaan mereka baik di dalam maupun di luar kelas. Para guru melaporkan peningkatan dramatis dalam sikap siswa, menghasilkan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan relevan. Di luar lingkungan sekolah, siswa secara aktif berbagi pengetahuan baru mereka, membantu membangun komunitas yang lebih berkelanjutan dan bertanggung jawab. Kesimpulannya, proyek pengabdian masyarakat ini tidak hanya memberikan dampak positif terhadap lingkungan belajar tetapi juga menumbuhkan generasi warga yang berwawasan lingkungan. Abstraknya mencerminkan esensi proyek, menekankan dampak transformasinya terhadap persepsi sampah, kesadaran keberlanjutan, dan penciptaan anggota masyarakat yang bertanggung jawab.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...