JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Empowering Elementary Education: A Comprehensive Learning Assistance Program for Academic Achievement and Motivation Enhancement

Nurmawati Nurmawati (SD Negeri Longkib)
Asnita Hasibuan (Universitas Katolik Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2024

Abstract

Inisiatif pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan motivasi siswa sekolah dasar melalui program bantuan belajar yang komprehensif. Pendekatan ini menggabungkan metode pengajaran yang beragam, keterlibatan aktif orang tua, dan dukungan masyarakat, menyoroti upaya kolaboratif antara lembaga pendidikan dan lingkungan setempat untuk menciptakan dampak positif. Peningkatan yang terlihat, prestasi belajar mencapai 90% dan motivasi meningkat 80% pada minggu ketiga, menunjukkan efektivitas bantuan belajar sebagai solusi mengatasi tantangan dalam proses pembelajaran. Program ini menggambarkan bahwa pembelajaran tidak hanya dilakukan di sekolah, tetapi juga melibatkan partisipasi aktif dari orang tua dan masyarakat luas. Keterlibatan siswa dalam merancang dan melaksanakan program bantuan pembelajaran menunjukkan bahwa kontribusi dari berbagai pemangku kepentingan dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan berdampak. Keberhasilan program ini merupakan bukti upaya kolektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan, dan membuahkan hasil positif. Kesimpulannya, inisiatif ini tidak hanya memberikan manfaat langsung kepada para pelajar namun juga memberikan inspirasi dan model bagi upaya serupa di berbagai daerah. Melalui bantuan pembelajaran, terlihat bahwa setiap elemen individu dan masyarakat dapat berperan dalam membentuk generasi yang lebih berprestasi, termotivasi, dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...