JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Question Card terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 0701 Rotan Sogo

Lubis, Ahmad Salim (Unknown)
Irsan, Irsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media Question Card terhadap hasil belajar siswa kelas VI Tema 3 Subtema 3 Di SDN 0701 Rotan Sogo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah kelas VI A dan VI B berjumlah 42 siswa dengan tehnik sampel jenuh. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dengan pre-test dan post-test control group design, Pada penelitian ini terdapat dua kelas yang diteliti yaitu kelas eksperimen menggunakan model Problem-Based Learning berbantuan media Question Card dan kelas kontrol dengan model konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan uji normalitas dan homogenitas. Pada penelitian ini terdapat dua kelas yang diteliti yaitu kelas eksperimen menggunakan model Problem-Based Learning berbantuan media Question Card dan kelas kontrol dengan model konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari data hasil uji statistik disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima artinya model Problem-Based Learning berbantuan media question card memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar di kelas kontrol.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...