JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Bahan Ajar Fisika Bermuatan Peta Konsep Dengan Model Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Dinamis Kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang

Paramita, Eca (Unknown)
Gusnedi, Gusnedi (Unknown)
Hidayati, Hidayati (Unknown)
Yulia Sari, Silvi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh bahan ajar fisika bermuatan peta konsep dengan model Creative Problem Solving. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen (quasi experimental design) dengan menggunakan Desain Postest Only . Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Analisis data menggunakanan program komputer SPSS v.16.0. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata pengetahuan kelas eksperimen 78,57 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol 72,74. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikansi 0,018 pada taraf signifikansi 0,05. Oleh karena itu, H1 diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh bahan ajar fisika bermuatan peta konsep dengan model Creative Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida dinamis kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...