JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Empowering Education: Transformative Instructional Techniques Training at SD Negeri 1 Kandang

Fatmawati Fatmawati (SD Negeri 1 Kandang)
Asnita Hasibuan (Universitas Katolik Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2024

Abstract

Program pelatihan metode pembelajaran yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Kandang berfungsi sebagai model penting keberhasilan pengembangan masyarakat dalam ranah pendidikan. Program berbasis komunitas yang bertujuan untuk memberdayakan guru ini telah memberikan manfaat yang besar, mendorong lingkungan pembelajaran yang dinamis dan kolaboratif. Melalui penilaian persyaratan yang lengkap, kurikulum pelatihan khusus dibuat, dengan konsentrasi pada penyempurnaan keterampilan mengajar, mendorong kerja sama, dan menggabungkan teknologi. Konsekuensi positifnya ditunjukkan dengan meningkatnya kepercayaan diri guru dalam mengadopsi metode interaktif, lancar memanfaatkan teknologi, dan menerapkan strategi evaluasi yang kreatif. Sikap kolaboratif yang dikembangkan selama sesi pelatihan telah berkembang menjadi aktivitas sehari-hari yang berkelanjutan, menempatkan sekolah sebagai pusat pengembangan berkelanjutan. Keberhasilan penggabungan teknologi semakin memodernisasi pengalaman belajar, sesuai dengan tren pendidikan kontemporer. Keberlanjutan upaya ini terjamin melalui sistem pendukung pasca-pelatihan yang menyeluruh, sehingga menciptakan perubahan yang bertahan lama dalam teknik pengajaran. Fleksibilitas program terhadap situasi lokal, ditambah dengan dokumentasi yang ketat dan pertukaran pengetahuan, memberikan lapisan kemampuan untuk ditiru dan menginspirasi proyek serupa. Mengakui dan mengapresiasi keberhasilan guru tidak hanya menghormati pekerjaan mereka namun juga mendorong budaya pengembangan profesional berkelanjutan. Kesimpulannya, upaya pengembangan masyarakat ini merupakan secercah keberhasilan, mewakili cita-cita penelitian, keterlibatan aktif, dan pengabdian terhadap mutu pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. Ketika efek riak terus berkembang, masyarakat dapat mengantisipasi masa depan yang ditandai dengan peningkatan standar pendidikan, pembelajar yang terinspirasi, dan budaya ketahanan yang terus mengalami kemajuan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...