JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pembelajaran Berbasis Neurosains dalam Pendidikan Sekolah Dasar

Limbong, Indah Nofrida (Unknown)
Rahmawati, Dian (Unknown)
W, Reftiani Wulandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2024

Abstract

Sekolah dasar adalah tahap awal dalam pendidikan formal, di mana dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap pertama kali diajarkan. Salah satu pendekatan yang menarik dalam bidang pendidikan adalah pembelajaran berbasis neurosains, yang mengintegrasikan pengetahuan tentang fungsi otak manusia dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui terkait pembelajaran neurosains dalam pendidikan sekolah dasar dengan menggunakan metodel literature review. hasil dari kajian iterature ditemukan bahwa pembelajaran neurosains adalah pendekatan pendidikan yang didasarkan pada pemahaman tentang bagaimana otak manusia bekerja dan bagaimana informasi diproses dalam otak. Pendekatan ini menggunakan pengetahuan tentang neurosains untuk merancang metode pembelajaran yang lebih efektif dan berfokus pada pengembangan potensi kognitif, emosional, dan sosial siswa. Pembelajaran neurosains merupakan pembelajaran yang sangat tepat untuk diterapkan di dalam sekolah untuk mengembangkan karakter peserta didik serta dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan mengarang peserta didik mealui pemberian bimbingan pada setiap tahap penulisan dengan memperhatikan fungsi dan cara kerja otak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...