GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Vol 5 No 4 (2024): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial

RELATIONSHIP MARKETING MENINGKATKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN INDOMARET TIMOR RAYA OESAPA KUPANG

Talo, Destiana Olok (Unknown)
Bunga, Markus (Unknown)
Riwu, Yonas F (Unknown)
Fanggidae, Rolland E (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan relationship marketing terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada Indomaret Timor Raya Oesapa KM.8, Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan rumus unknown populations. Penelitian ini dilakukan pada pelanggaan Indomaret Timor Raya Oesapa KM.8 Kupang, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial dan simultanrelationship marketing berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Indomaret Timor Raya Oesapa KM.8. Relationship marketing sangat pentinng dalam perkembangan suatu perusahaan, Oleh karena ituperusahaan perlu meningkatkan dan menjaga hubungan (relationship) untuk mempertahankan kepuasan dan loyalitas pelanggan yang ada. Kata Kunci : Relationship Marketing, Kepuasan, Loyalitas

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

glory

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Prodi Manajemen, Universitas Nusa Cendana Kupang yang memuat hasil penelitian ilmiah berupa kajian teoritis ataupun empiris, yang bersumber dari review literatur, penelitian lapangan, best practice ataupun kombinasi dari ...