JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengembangan E-LKPD pada Materi Pemanasan Global di Kelas X SMA/MA

Mia Deprisa (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Zikra Zikra (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Aulia Afza (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena keterbatasan dari bahan ajar yang ada disekolah berupa LKPD selain itu komponen LKPD belum sesuai dengan komponen kurikulum merdeka karena disekolah masih menggunakan LKPD Kurikulum K-13. Untuk mengatasi keterbatasan siswa yang memiliki LKPD dikembangkanlah adanya E-LKPD sehingga setiap siswa bisa memiliki dan menggunakan E-LKPD tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD pada materi pemanasan global di kelas X SMA/MA yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D dan meliputi 4 tahapanan, yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Penelitian ini dilakukan sampai pada tahapan develop yaitu uji validitas dan uji praktikalitas. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari angket yang diberikan, E-LKPD yang dikembangkan memiliki nilai validitas 85,32%, praktikalitas oleh guru 96,67%, dan praktikalitas oleh siswa 83,91. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa E-LKPD pada materi pemanasan global di kelas X SMA/MA yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...