Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengawasan kedisiplinan peserta didik di SMA Nurul Ma’rifah Ulak Tembaga, Kecamatan Jejawi, Kabupaten OKI, serta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan kedisiplinan peserta didik telah dilaksanakan dengan baik oleh pihak sekolah, meliputi pemantauan, pemeriksaan, bimbingan dan pengarahan, tindakan disiplin, serta tindakan koreksi dalam berbagai aspek disiplin, seperti waktu, peraturan, dan sikap. Faktor pendukung dalam pengawasan ini meliputi kondisi keluarga yang baik, lingkungan sekolah yang kondusif, dan hubungan yang baik antara guru dan siswa. Namun, terdapat juga faktor penghambat seperti pengaruh teman sebaya, cara hidup di lingkungan tempat tinggal, dan perbedaan latar belakang kebiasaan dan budaya. Dengan memahami faktor-faktor tersebut, dapat dirancang strategi yang efektif untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya kerjasama antara sekolah dan keluarga dalam menciptakan lingkungan yang mendukung bagi pengembangan kedisiplinan siswa.
Copyrights © 2024