JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P2RA) Sebagai Perwujudan Penerapan Kurikulum Merdeka di MAN 1 Padang Pariaman

Murni Aprila (Universitas Negeri Padang)
Fetri Yeni J (Universitas Negeri Padang)
Alwen Bentri (Universitas Negeri Padang)
Mutiara Felicita Amsal (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pelaksanaan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P2RA) di MAN 1 Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Bentuk kegiatan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P2RA) di MAN 1 Padang Pariaman projek membuat poster (tema Bangunlah jiwa dan raganya). (2) Faktor pendukung diantaranya, menyediakan fasilitas dan anggaran dalam pembuatan poster, teknologi yang mudah diakses. Faktor penghambat diantaranya, kurikulum yang baru, dan perbedaan karakteristik siswa. (3) Dampak pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P2RA) terhadap perkembangan karakter siswa kelas X di MAN 1 Padang Pariaman diantaranya: (1) Penguatan nilai-nilai pancasila dan Rahmatan lil Alamin (2) Meningkatkan kesadaran siswa, (3) Peningkatan kerjasama antar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...