Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kompetensi kepribadian dankompetensi sosial serta fakor pendukung pada kompetensi kepribadian dan sosial gurukelas MIN Bontosunggu Kabupaten Gowa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptifkualitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam artikel ini yaitu data primer dandata sekunder. Penelitian ini dilakukan di MIN Bontosunggu Kabupaten Gowa dengansubjek penelitiannya yaitu guru kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan yaituobservasi, wawancara dan dokumentasi. Insrtumen pengumpulan data yang digunakanyaitu: pedoman observasi, panduan wawancara dan dokumen. Pengolahan data yangdigunakan yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Ujikeabsahan data mengunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:gambaran kompetensi kepribadian guru kelas MIN Bontosunggu Kabupaten Gowasudah baik. Sesuai dengan indikator kompetensi kepribadian. Gambaran kompetensisosial guru kelas MIN Bontosunggu Kabupaten Gowa sudah baik. Sesuai denganindikator kompetensi sosial. Serta faktor pendukung guru kelas di MIN BontosungguKabupaten Gowa berdasarkan hasil penelitian yaitu terdapat dua faktor yaitu faktorinternal dan faktor eksternal. Dengan demikian, dari hasil penelitian yang dilakuan dapatdisimpulkan bahwa gambaran kompetensi kepribadian dan sosial guru kelas MINBontosunggu Kabupaten Gowa secara umum baik disetiap aspek dan indikator. Sertafaktor pendukung pada kompetensi kepribadian dan sosial guru kelas MIN BontosungguKabupaten Gowa yaitu faktor internal dan eksternal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024