Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan strategi pembelajaran everyone is ateacher here terhadap kemampuan menulis narasi pada peserta didik kelas V SD NegeriSalubiru Kabupaten Mamuju. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikanpeningkatan kemampuan menulis narasi peserta didik kelompok yang menggunakanstrategi pembelajaran everyone is a teacher here di kelas V SD Negeri Salubiru KabupatenMamuju. 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis narasi peserta didikkelompok yang tidak menggunakan strategi pembelajaran everyone is a teacher here di kelasV SD Negeri Salubiru Kabupaten Mamuju. 3) Menguji seberapa besar pengaruhpenerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here terhadap kemampuan menulisnarasi peserta didik kelas V SD Negeri Salubiru Kabupaten Mamuju. Jenis penelitian iniadalah eksperimen dengan desain penelitian intact-group comparison design. Populasipenelitian ini berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalampenelitian ini adalah teknik sampel jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang.Instrument yang digunakan adalah tes dalam bentuk penilaian kinerja. Teknik analisisdata yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisi inferensial. Penelitianmenunjukkan bahwa peningkatan kemampuan menulis narasi peserta didik padakelompok eksperimen nilai pretest diperoleh rata-rata sebesar 54,20 dengan kategoricukup dan nilai posttest sebesar 79,60 yang menunjukkan kategori sangat baik.Sedangkan peningkatan kemampuan menulis narasi peserta didik pada kelompokkontrol setelah pretest diperoleh rata-rata sebesar 51,33 pada kategori kurang sementararata-rata posstest sebesar 59,06 yang menunjukkan kategori cukup. Berdasarkan hasilanalisi data diperoleh nilai Thitung= 2.365 > Ttabel= 1.701dengan nilai R Square 0.301 atau30.1% maka dapat dikatakan terdapat pengatuh penerapan strategi pembelajaran ETHterhadap kemampuan menulis narasi pada kelas V SD Negeri Salubiru KabupatenMamuju.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024