Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran simakucap ulang terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one-grup pretest-posttestdesign. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas III MI Tarbiyahsebanyak 29 orang. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan lembar tes dan lembarobservasi. Analisis data yang digunakan adalah N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa perhitungan pada hasil belajar pre-test diperoleh skor rata-rata sebesar 69,14% danskor rata-rata nilai post-test sebesar 92,59% hal ini menunjukkan bahwa hasil belajarbahasa Indonesia peserta didik menggunakan metode simak ucap ulang termasukkategori sangat baik, mengalami peningkatan hasil belajar dan sebanyak 29 orang pesertadidik yang mencapai kategori Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan satu orang tidakmencapai kategori ketuntasan. Hal ini membuktikan bahwa metode simak ucap ulangefektif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasaIndonesia kelas III MI Tarbiyah Kab. Takalar. Implikasi dari penelitian ini adalah bagipendidik dapat menggunakan metode simak ucap ulang untuk meningkatkanpemahaman peserta didik. Selain itu, agar kiranya pendidik dapat terdorong untukmengikuti seminar dan diklat untuk menambah wawasan dalam meningkatkan metodepembelajaran dan juga penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi untuk penelitianlebih lanjut. Dan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis terlihat bahwa metodesimak ucap ulang dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesiapeserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024