JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Penerapan Project Based Learning Pada Elemen Kewirausahaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas XI Tata Busana SMKN 1 Jabon

Dewi Novita (Universitas Negeri Surabaya)
Mein Kharnolis (Universitas Negeri Surabaya)
Imami Arum Tri Rahayu (Universitas Negeri Surabaya)
Peppy Mayasari (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini 1) Mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada elemen kewirausahaan kelas XI Tata Busana, 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning siswa dalam pembelajaran elemen kewirausahaan di SMK Negeri 1 Jabon. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain pre-eksperimental dan model One Shot Case Study. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jabon pada kelas XI Tata Busana dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada elemen kewirausahaan materi peluang usaha dan tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran terhadap siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat dilihat dari keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada elemen kewirausahan materi peluang usaha memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,7 untuk aktivitas guru dan siswa. Hasil belajar seluruh siswa mendapatkan nilai diatas kkm dan sebelum diterapkannya PJBL ada 3 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM. Sebanyak 100% siswa Tuntas KKM dan 0% Tidak Tuntas KKM.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...