Tujuan peneliti ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kegiatan dan penerapan sumber belajar berbasis lingkungan Masyarakat sekitar dalam pembelajaran mata Pelajaran IPS di sekolah dasar dalam menumbuhkan minat belajar IPS. Fakta yang terjadi saat ini menunjukkan bahwa siswa ketika belajar IPS lebih asik dengan diri nya sendiri, lebih suka belajar di luar kelas yang menggunakan objek objek yang menarik dan tidak memperhatikan guru dan acuh terhadap teman yang lain hal ini menunjukkan bahwa minat belajar IPS siswa di sekolah dasar masih rendah. Maka dengan adanya penerapan sumber belajar berbasis lingkungan Masyarakat dapat mengisipkan karakter agar sisawa dapat merubah kebiasaan nya, menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar nya. Metode penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif yaitu metode penelitian yang menggambarkan karakteristik yang sedang di teliti oleh para pendidik. Fokus utama dari penelitian ini adalah menjelaskan objek penelitian nya, yang dimana akan menjawab apa peristiwa atau fenomena yang terjadi. Subjek penelitian ini adalah dua siswa laki-laki dan dua siswa perempuan yang akan memuat dua jenis lingkungan belajar yaitu lingkungan alam dan lingkungan buatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan belajar berbasis lingkungan di masyarakat membuat siswa dapat belajar IPS dan mendapatkan pengalaman tentang lingkungan sekitarnya.
Copyrights © 2024