JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Media Pembelajaran Articulate Storyline terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Informatika Kelas VII di SMP Negeri 1 Padang Panjang

Rathih Yulia Maharani (Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi)
Khairuddin Khairuddin (Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi)
Sarwo Derta (Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi)
Hari Antoni Musril (Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini ditujuakan untuk mengevaluasi dampak dari penggunaan pembelajaran dikelas VII SMP Negeri 1 Padang Panjang. Setelah melakukan survei, penulis mengidentifikasi masalah, seperti kurangnya optimalitas penggunaan media pembelajaran oleh guru Informatika yang mengakibatkan siswa yang kurang memperhatikan guru dalam menyampaikan materi selama proses mengajar di kelas. Mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menyediakan media dari aplikasi Articulate Storyline untuk mengevaluasi apakah penggunaannya memiliki dampak atau tidak. Metode tes digunakan dalam penelitian ini, dan analisis dilakukan untuk menghitung uji-t. Setelah penggunaan media Articulate Storyline tersebut, hasil belajar siswa dalam mata pelajaran informatika lebih tinggi dibandingkan konvensional. Hal ini sesuai dengan perhitungaan yang penulis lakukan dengan menggunakan program SPSS Statistics v.23 for Windows yang menunjukkan nilai signifikansi (sig) sebesar 0,00 < 0,05 atau thitung sebesar 11,138 > ttabel sebesar 0,318, yang artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran Articulate Storyline memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar Informatika siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Padang Panjang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...