Penelitian ini dilakukan karena sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam berbicara, khususnya dalam pengucapan. Guru menggunakan metode yang sama karena hampir semua siswa mengalami kesulitan mengidentifikasi dan mengucapkan bunyi yang sama dengan arti yang berbeda. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana video mempengaruhi kemampuan pengucapan siswa di tingkat kelas sepuluh SMAN 1 X KOTO. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu. Dalam penelitian ini, ada dua kelas yang digunakan: eksperimen dan kontrol. Siswa kelas X SMAN 1 X KOTO mewakili populasi. Sampel penelitian ini adalah 32 siswa dari kelompok eksperimen dan 25 siswa dari kelompok kontrol. Metode uji-t diterapkan untuk menguji proses pengumpulan data. Dari hasil tersebut diketahui bahwa t hitung (3,281) lebih besar dibandingkan dengan t tabel (1,960). Kemudian t-hitung (-17,761). Terakhir, nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol (33,62). Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa menonton video untuk mempelajari cara mengucapkan kata-kata membantu pengucapan siswa.
Copyrights © 2024