JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Students’ Perceptions of Using Smartphone in Learning English at The Twelfth Grade of SMKS Pembina Bangsa

Pratama, Jeffry Lathief (Unknown)
Roza, Veni (Unknown)
Eliza, Eliza (Unknown)
Reflinda, Reflinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa dalam menggunakan smartphone dalam pembelajaran bahasa inggris di kelas dua belas SMKS Pembina Bangsa". Penelitian ini dilakukan karena peneliti menemukan beberapa masalah yang mempengaruhi persepsi siswa dalam menggunakan smartphone dalam pembelajaran bahasa inggris di kelas dua belas. SMKS Pembina Bangsa Bukittinggi tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMKS Pembina Bangsa yang berjumlah 116 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 47 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Hal ini dikarenakan guru menggunakan Smartphone dalam Pembelajaran Bahasa Inggris hanya di dua kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Penelitian ini menggunakan kuesioner tertutup. Untuk menjawab kuesioner tersebut peneliti memberikan lima pilihan. Peneliti menganalisis data menggunakan persentase untuk setiap item. Hasil penelitian menunjukkan beberapa kategori Persepsi Siswa tentang Penggunaan Smartphone dalam Pembelajaran Bahasa Inggris terdiri dari penyerapan, memahami dan evaluasi Persepsi siswa terhadap penyerapan adalah positif dengan persentase rata-rata 76,16%. Persepsi siswa terhadap memahami adalah positif dengan persentase rata-rata 73,53%. Persepsi siswa terhadap evaluasi adalah positif dengan persentase rata-rata 76,73%. Jadi, persepsi tertinggi diberikan siswa pada evaluasi dengan pilihan persepsi positif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...