JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa IPA Kelas VIII SMPN 10 Padang

Fatma Qurrata Aini (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Annika Maizeli (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Elza Safitri (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa serta keinginan yang masih kurang akan berpengaruh pada hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Hal ini disebabkan karena rendahnya motivasi belajar siswa terhadap pelajaran IPA. Dengan motivasi belajar siswa yang rendah tentunya akan berdampak dengan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari rendahnya nilai yang diperoleh siswa yaitu pada ulangan harian siswa yang dibawah KKTP (75). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini diaksanakan pada bulan Februari 2024 di SMP Negeri 10 Padang. Populasi pada penelitian ini adalah 3 kelas dengan jumlah populasi 96 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan angket motivasi belajar yang terdiri dari 28 item pernyataan. Pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh langsung dari responden berupa angket motivasi belajar dan data sekunder dari nilai ujian semester 1 IPA tahun pelajaran 2023/2024. Untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar maka dilakukan uji hipotesis, untuk melihat kontribusi variabel X (motivasi belajar) terhadap variabel Y (hasil belajar) dengan rumus KP didapatkan nilai sebesar 0,0441% yang artinya besarannya kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA sebesar 0,0441% dan selebihnya dipengaruhi faktor lainnya. Data penelitin ini dianalisis menggunakan product momen kemudian dikukan uji-t untuk mengetahui korelasi.Berdasarkan hasil uji hipotesis analisis korelasi didapatkan nilai r_xy = 0,21 dengan kriteria “ rendah” dari perhitungan didapatkan nilai t_hitung 2,097. Pada taraf kepercayaan 95% (?=0,05) didapatkan t_tabel 0,2006. Jadi t_hitung > t_tabel maka diperoleh H1 diterima dan H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Padang .

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...