JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Peta Digital (Google Earth) dalam Mata Pelajaran IPS Materi Kenampakan Alam (Penelitian Quasi-Eksperiment pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar)

Dewi, Maharani Sartika (Unknown)
Abidin, Yunus (Unknown)
Arifin, Muh. Husen (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran media pembelajaran berbasis peta digital (Google Earth) dalam meningkatkan pemahaman konsep penampakan alam pada mata pelajaran IPS di kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah desain quasi eksperimen dengan kelas kontrol dan eksperimen di dua SD yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media pembelajaran berbasis peta digital memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pemahaman konsep penampakan alam. Kelas eksperimen yang menggunakan Google Earth memperoleh peningkatan yang signifikan pada rata-rata posttest dibandingkan dengan pretest. Perbedaan kemampuan pemahaman konsep penampakan alam juga teridentifikasi antara siswa yang menggunakan media pembelajaran berbantuan peta digital dengan yang tidak menggunakan. Rata-rata posttest kelas eksperimen (86.04) mengungguli rata-rata posttest kelas kontrol (65.62). Hasil ini menunjukkan bahwa Google Earth dapat efektif meningkatkan pemahaman konsep penampakan alam pada siswa kelas V SD.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...