Pemahaman merupakan salah satu kemampuan matematis yang penting untuk dimiliki siswa, khususnya pada tingkat sekolah menengah. Kemampuan pemahaman matematis menjadi salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa. Fokus penelitian yang kami lakukan terhadap subjek penelitian yaitu untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan permasalahan perbandingan terhadap aspek kemampuan pemahaman matematis dan berbahasa dalam mengakaitkan sesuatu hal dengan hal lainnya dengan benar dan menyadari prosesnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatf dengan subjek penelitian yang digunakan sebanyak 7 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi perbandingan terdiri atas dua kelompok yaitu sudah memahami sebanyak 1(satu) peserta didik dan yang kurang memahami sebanyak 6(enam) peserta didik dari 7(tujuh) peserta didik. Kelompok siswi yang sudah memahami konsep matematika pada materi perbandingan terdapat beragam cara yang dilakukannya, pada umumnya mengerjakan soal dengan pemikiran siswi tersebut. Sedangkan siswa/i yang kurang memahami konsep matematika serta bahasa pada soal tersebut, karena pada soal matematika yang kami lampirkan menggunakan bahasa baku.
Copyrights © 2024