Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk handout berbasis online pada materi cerita rakyat untuk siswa kelas VII SMP dan mendeskripsikan uji kelayakan produk handout berbasis online pada materi cerita rakyat untuk siswa kelas VII SMP. Jenis penelitian ini yaitu reserch and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tahap Analisis adalah menganalisis kebutuhan dalam proses pembelajaran untuk menentukan masalah dan solusi yang tepat serta menentukan kompetensi peserta didik. Tahap Perancangan adalah menentukan kompetensi khusus metode, bahan ajar, dan pembelajaran. Tahap Pengembangan adalah memproduksi program dan bahan ajar yang akan digunakan dalam program pembelajaran. Tahap Implementasi adalah melaksanakan program pembelajaran dengan menerapkan desain atau spesifikasi program pembelajaran. Tahap Evaluasi adalah melakukan evaluasi program pembelajaran dan evaluasi hasil belajar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket/kuisioner. Angket penilaian akan diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan 11 guru bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMP Al Washliyah 24 Medan, SMP Al Washliyah 4 medan, MTs Muallimin Univa Medan, MTs EX PGA Proyek Univa Medan. Produk dapat diakses pada link berikut https://online.flipbuilder.com/aiugp/winr/. Hasil penelitian pada kelayakan media pembelajaran berdasarkan ahli materi mendapat skor rata-rata 4,7 dengan kategori "Sangat Baik". Data kelayakan media pembelajaran berdasarkan ahli media mendapat skor rata-rata 4,7 dengan kategori "Sangat Baik". Data kelayakan media pembelajaran dengan respon guru bahasa Indonesia mendapat skor rata-rata 4,6 dengan kategori "Sangat Baik". Sehingga dapat disimpulkan handout berbasis online pada materi cerita rakyat untuk siswa kelas VII SMP dapat digunakan guru dan siswa dalam pembelajaran.
Copyrights © 2024