JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Rangkaian Listrik Kelas V di SDN Bugangan 03 Semarang

Ngatiroh, Siti (Unknown)
Miyono, Noor (Unknown)
Numareta, Frederica Yudina (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2024

Abstract

Pemilihan metode pembelajaran yang tidak tepat dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar pada materi rangkaian listrik. Buktinya siswa belum dapat menjelaskan perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel. Hal itu terjadi karena ketika menyampaikan materi masih berpusat pada guru sehingga siswa hanya mendengarkan dan memperhatikan sehingga aktivitas siswa kurang. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar materi rangkaian listrik kelas VC SDN Bugangan 03 melalui penerapan metode eksperimen. Penelitian dilakukan mulai dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pengumpulan data menggunakan lembar tes dan dianalisis deskriptif. Subjek penelitian adalah kelas VC denga jumlah siswa 28. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode eksperimen terbukti meningkatkan hasil belajar. Melalui implementasi metode eksperimen, hasil belajar mengalami peningkatan dilihat dari ketuntasan hasil belajar kegiatan pra siklus dengan presentase 35,7%, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 53,6%. Pada siklus II meningkat signifikan menjadi 89,3%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPAS materi rangkaian listrik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...