JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall terhadap Pemahaman Konsep Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV

Vesha Nuriefer Haliza (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dinie Anggraeni Dewi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Agus Mulyana (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2024

Abstract

Pembelajaran dapat dikatakan baik dilihat dari suasana kelas serta adanya interaksi guru dengan siswa. Penggunaan media pembelajaran secara konvensional dan tidak bervariasi memberikan dampak kepada siswa yakni hilangnya rasa semangat belajar dan akan berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan adanya pengaruh media pembelajaran interaktif Wordwall terhadap pemahaman konsep siswa dalam mata pelajaran pendidikan pancasila di kelas IV. Metode penelitian ini yaitu metode kuasi eksperimen (Quasi Experimental) dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyaj 56 siswa SDN 258 Sukarela yaitu 28 siswa kelas IV A kelas eksperimen dan 28 siswa kelas IV B kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan soal pilihan ganda untuk mengukur pemahaman konsep siswa pada materi makna dan nilai-nilai Pancasila, serta proses perumusannya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan Wordwall dengan hasil siswa berdasarkan rata-rata nilai posttest untuk kelas eksperimen sebesar 77,50 dan kelas kontrol sebesar 61,79. Adapun hasil uji hipotesis menggunakan uji perbedaan rerata dengan uji T dua sampel independen (Independet Sampel Test) terdapat hasil Sig (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai posttest yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran interaktif wordwall terhadap.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...