JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Siswa pada Materi Pendidikan Pancasila melalui Model PJBL Kelas IV SD

Siti Ita Ruhmawati (Universitas PGRI Semarang)
Agnita Siska Pramasdyahsari (Universitas PGRI Semarang)
Joko Siswanto (Universitas PGRI Semarang)
Susi Handayaningsi (SDN Pandeanlamper 04)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2024

Abstract

Keterampilan kolaborasi sangat penting untuk di tingkatkan. Model Pembelajran Project Based Learning dapat di gunakan untuk meningkatkan kolaborasi melalui projek kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning. Adapun dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri Pandeanlamper 04 . Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dapat meningkatkan kolaborasi siswa. Hal ini dapat di lihat pada hasil observasi siswa pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I terdapat presentasi akhir 42,1% dan siklus II terdapat presentasi akhir 57,8%. Sehinga terbukti bahawa terdapat peningkatan kolaborasi siswa melalui model pembelajaran Project Based Learning.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...