JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Peranan Bahasa Mengkomunikasikan Matematika dalam Pembelajaran Tingkat SMP

Aulia, Dilla Ulfa (Unknown)
Pardosi, Yesika T.S (Unknown)
Ginting, Noventa (Unknown)
Hutagalung, Trisnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertolak belakang dari temuan sebelumnya yang menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika masih belum mencapai standar yang diharapkan. Salah satu strategi yang diusulkan untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah dengan meningkatkan kemahiran berbahasa siswa sehingga mereka dapat mengartikulasikan soal matematika dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dengan menerapkan soal cerita ke dalam konteks matematis. Penelitian ini melibatkan siswa SMP yang memiliki pengetahuan yang cukup terkait dengan materi soal yang diberikan. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan 10 siswa dijadikan sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis hasil menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa siswa berperan penting dalam kesuksesan mereka dalam menyelesaikan soal matematika berbasis cerita.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...