JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Keragaman Agama, Suku Bangsa, Bahasa, dan Budaya di Kelas II SD Negeri Kedai Runding

Azwarni Salma (SD Negeri Kedai Runding)
Rumiris Lumban Gaol (Universitas Katolik Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
07 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas implementasi siklus tindakan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran PKN, khususnya pada materi Keragaman suku bangsa, bahasa, dan budaya. Data dianalisis dari dua siklus tindakan yang melibatkan 22 peserta didik pada setiap siklusnya. Hasil analisis menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam nilai rata-rata peserta didik dari siklus pertama ke siklus kedua, serta peningkatan proporsi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar. Grafik visual juga menggambarkan tren peningkatan prestasi belajar peserta didik dari awal hingga akhir penelitian. Faktor-faktor seperti refleksi kontinu, peran guru yang efektif, dukungan sekolah, dan evaluasi berkelanjutan memiliki kontribusi penting terhadap keberhasilan penelitian ini. Temuan ini menyoroti pentingnya pendekatan holistik dan berkelanjutan dalam merancang program pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Implikasinya, penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan praktik pembelajaran yang lebih baik di masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...