Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan persentase dan proses kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian campuran (mix methods). Data yang diperoleh merupakan data kualitatif dan data kuantitatif. Mixed methods menggunakan model sequinteal explanatory. Tahapan yang pertama pengumpulan data kuantitatif, tahapan yang kedua pengumpulan data kualitatif, dan tahapan yang ketiga menganalisis secara keseluruhan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Banyuanyar 1 Sampang semester genap tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase kriteria kemampuan berpikir kritis dari hasil tes. Kriteria rendah sebesar 50% sebanyak 14 siswa, kriteria tinggi sebesar 35,75% sebanyak 10 siswa, dan kriteria sedang sebesar 14,25% sebanyak 4 siswa.
Copyrights © 2024