JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Penggunaan Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN 104324 Naga Kesiangan

Maharani, Indra (Unknown)
Simanjuntak, Eva Betty (Unknown)
Simanjuntak, Sorta (Unknown)
Simanihuruk, Lidia (Unknown)
Winara, Winara (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2024

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 104324 Naga Kesiangan. Jenis penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu seluruh siswa kelas I SD 104324 Naga Kesiangan berjumlah 24 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data pada pre-test menunjukan bahwa rata-rata nilai siswa mencapai 45,2 dengan 24 jumlah keseluruhan siswa dalam satu kelas terdapat 3 siswa yang memenuhi kriteria terampil dalam membaca. Ketentuan klasikal pada pre-test yaitu 12,5%, artinya ketuntasan klasikal masih rendah. Untuk itu dilakukan penelitian dengan pengunan media kartu huruf, yang setelah dilakukan post-test memperoleh nilai rata-rata siswa 74,37 dengan 17 orang siswa mencapai kriteria terampil membaca dan 7 siswa masuk pada kriteria tidak terampil. Maka nilai ketuntasan klasikal pada post-test sebesar 71%, artinya penggunaan media kartu huruf berhasil memberikan peningkatan kemampuan membaca siswa. Dapat disimpulkan bahwa media kartu huruf berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 104324 Naga Kesiangan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...