Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 104324 Naga Kesiangan. Jenis penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu seluruh siswa kelas I SD 104324 Naga Kesiangan berjumlah 24 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data pada pre-test menunjukan bahwa rata-rata nilai siswa mencapai 45,2 dengan 24 jumlah keseluruhan siswa dalam satu kelas terdapat 3 siswa yang memenuhi kriteria terampil dalam membaca. Ketentuan klasikal pada pre-test yaitu 12,5%, artinya ketuntasan klasikal masih rendah. Untuk itu dilakukan penelitian dengan pengunan media kartu huruf, yang setelah dilakukan post-test memperoleh nilai rata-rata siswa 74,37 dengan 17 orang siswa mencapai kriteria terampil membaca dan 7 siswa masuk pada kriteria tidak terampil. Maka nilai ketuntasan klasikal pada post-test sebesar 71%, artinya penggunaan media kartu huruf berhasil memberikan peningkatan kemampuan membaca siswa. Dapat disimpulkan bahwa media kartu huruf berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 104324 Naga Kesiangan.
Copyrights © 2024