Selain berfungsi sebagai pedoman atau tolak ukur pencapaian tujuan suatu pendidikan, kurikulum juga berfungsi sebagai pedoman pelaksanaan proses belajar mengajar pada berbagai tingkat kelas dan jenis lembaga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Model Konsep Subjek Kurikulum Subjek Akademik, Landasan Filosofis, Teori Belajar, Model Pembelajaran, Kedudukan Siswa Dan Guru, Serta Isi Kurikulum. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah analisis konten. Hasil peneliitian menunjukkan bahwa Model konsep subjek kurikulum subjek akademik merupakan landasan teoritis yang esensial dalam perancangan dan pelaksanaan kurikulum di lingkungan pendidikan. Model ini memainkan peran integral dalam memastikan efektivitas serta keberhasilan proses belajar-mengajar. Dengan memahami secara mendalam elemen-elemen yang terkandung dalam model ini, guru dan pemangku kepentingan pendidikan lainnya dapat mengembangkan kurikulum yang memenuhi standar kualitas tinggi serta memperhitungkan beragam kebutuhan dan konteks pendidikan
Copyrights © 2024