Dalam zaman ini, para siswa dituntut memiliki beragam keterampilan seperti kemampuan memecahkan masalah, berpikir kreatif, berkolaborasi, dan berkomunikasi. Model pembelajaran Project Based Larning (PjBL) dianggap sebagai model pembelajaran yang dapat memfasilitasi pengembangan keterampilan-keterampilan tersebut, karena siswa dilibatkan untuk membuat suatu proyek-proyek yang berhubungan dengan kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk memahami lebih lanjut bagaimana guru dapat merencanakan pembelajaran biologi yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Bungku Tengah di menggunakan metode kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran melalui model pembelajaran Project Based Larning (PjBL) dapat menjadi cara yang efektif untuk menerapkan Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas.
Copyrights © 2024