JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Perencanaan Pembelajaran Biologi Berbasis Project Based Learning pada Kurikulum Merdeka di SMAN 1 Bungku Tengah

Ahmad Abdul Rochim (Institut Pangeran Dharma Kusuma, Indramayu)
Sukmawati Baharung (Sekolah Tingga Agama Islam Morowali)
Izattul Isnaini (Sekolah Tingga Agama Islam Morowali)



Article Info

Publish Date
16 May 2024

Abstract

Dalam zaman ini, para siswa dituntut memiliki beragam keterampilan seperti kemampuan memecahkan masalah, berpikir kreatif, berkolaborasi, dan berkomunikasi. Model pembelajaran Project Based Larning (PjBL) dianggap sebagai model pembelajaran yang dapat memfasilitasi pengembangan keterampilan-keterampilan tersebut, karena siswa dilibatkan untuk membuat suatu proyek-proyek yang berhubungan dengan kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk memahami lebih lanjut bagaimana guru dapat merencanakan pembelajaran biologi yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Bungku Tengah di menggunakan metode kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran melalui model pembelajaran Project Based Larning (PjBL) dapat menjadi cara yang efektif untuk menerapkan Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...