JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V Sekolah Dasar

Angely (Unknown)
Suriani, Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model Discovery Learning pada keterampilan menulis teks eksplanasi peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan menulis teks eksplanasi di kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjeknya yaitu guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 27 orang peserta didik, 17 orang peserta didik laki-laki dan 10 orang peserta didik perempuan. Dari hasil penelitian modul ajar pada siklus I memperoleh kualifikasi (B) kemudian pada siklus II memperoleh kualifikasi (SB). Pada siklus I penilaian aktivitas guru memperoleh kualifikasi (B) kemudian pada siklus II memperoleh kualifikasi (SB). Pada siklus I penilaian aktivitas peserta didik kualifikasinya (B) meningkat pada siklus II dengan kualifikasi (SB). Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh predikat (C) meningkat pada siklus II memperoleh predikat (B). Dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi peserta didik di kelas V Sekolah Dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...