JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Perbandingan Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) di dalam dan di Luar Greenhouse Yang Dibudidayakan Secara Hidroponik (Studi Kasus We Farm Hidroponik)

Aufa Rafiqi (Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang)
Resti Fevria (Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang)
Violita Violita (Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang)
Dezi Handayani (Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang)
Wanda Arjulis (Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Pakcoy (B. rapa L.) merupakan salah satu sayuran yang digemari karena rasanya enak, renyah, kaya akan vitamin serta memiliki nilai komersial. Produksi pakcoy mengalami peningkatan beberapa tahun terakhir. Peningkatan produksi pakcoy ini harus diimbangi dengan ketersediaan lahan. Hidroponik merupakan salah satu solusi dalam mengatasi keterbatasan lahan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pertumbuhan pakcoy yang ditanam di dalam dan di luar greenhouse. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 2 perlakuan, yaitu budidaya pakcoy di dalam greenhouse dan di luar greenhouse. Masing-masing perlakuan diulang sebanyak 2 kali, dan setiap ulangan terdiri dari 9 sampel tanaman pakcoy. Parameter yang diamati meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, berat segar, dan berat kering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada tinggi, luas daun, berat basah, dan berat kering antar perlakuan. Sedangkan jumlah daun tidak memiliki perbedaan signifikan. Rata-rata tertinggi pengukuran pada tanaman pakcoy di luar greenhouse.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...