JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII MTSN 6 Kota Padang

Tasya, Afratul (Unknown)
Gani, Erizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks berita siswa kelas VIII MTsN 6 Kota Padang. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII MTsN 6 Kota Padang. Ketiga, mendeskripsikan korelasi keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII MTsN 6 Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah hubungan korelasional dua variabel. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 6 Kota Padang Tahun Ajaran 2023/2024 dengan jumlah 407 siswa yang tersebar di tiga belas kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 orang. Sampel penelitian diambil sebesar 15% menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes, yaitu tes objektif keterampilan membaca pemahaman teks berita dan tes unjuk kerja keterampilan menulis teks berita. Berdasarkan Hasil penelitian disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks berita berkorelasi positif dengan keterampilan menulis teks berita, dan semakin tinggi tingkat keterampilan membaca siswa, maka akan semakin tinggi pula tingkat keterampilan menulis siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...