Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa menyelesaikan soal tingkat tinggi level C4 pada ulangan harian materi interaksi keruangan desa dan kota kelas XII SMA Negeri 3 Bukittinggi. Metode yang digunakan adalah Mixed Method. Pengambilan sampel menggunakan total sampel dan purposive sampling dengan jumlah sampel adalah 132 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 113 siswa (86%) kategori Tidak Paham, Kurang Paham 15 siswa (11%), Cukup Paham 3 siswa (3%), dan Paham 1 siswa (1%). Tidak ada siswa kategori Sangat Paham. Dalam menjawab soal, siswa Tidak Paham mengandalkan "Pengetahuan yang saya ketahui" (36%), menggunakan pengetahuan yang dipelajari meskipun belum sepenuhnya dipahami. Kurang Paham memilih "Fakta-fakta yang terjadi di kehidupan" (43%), lebih menghubungkan jawaban dengan fakta-fakta dan pengalaman sehari-hari. Cukup Paham juga memilih hal yang sama (42%), mengaitkan jawaban dengan fakta-fakta dan pengamatan, serta mampu menganalisis logis. Siswa Paham mengandalkan hapalan materi (28%), pengetahuan yang diketahui (28%), dan konsep geografi (28%) dengan pemahaman mendalam, mengintegrasikan pengetahuan dengan baik, penerapan logika serta pengamatan efektif.
Copyrights © 2024