JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Partisipasi Politik Mahasiswa PPKn UNP pada Pemilu Presiden 2024

Afdhalur Rahmat (Program Studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, Universitas Negeri Padang)
Ofianto Ofianto (Program Studi Sejarah, Universitas Negeri Padang)
Fini Fajri Mulyani (Program Studi Sejarah, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
21 May 2024

Abstract

Arus globalisasi dan teknologi menuntut Indonesia untuk terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi internet. Internet tidak pernah terlepas dari selutuh lapisan masyarakat, baik dari masyarakat bawah hingga masyarakat atas. Internet menyedot perhatian setiap penggunanya. Internet secara terus menerus memperkenalkan hal baru yang memungkinkan penggunanya memanfaatkan internet untuk jangka waktu yang lama.media sosial terus berkembang dan menjadi alat baru dengan implikasi yang signifikan bagi kehidupan sehari-hari, termasuk dalam lingkungan politik Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media sosial terhadap partisipasi politik mahasiswa PPKn UNP dalam Pemilihan Umum Presiden 2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan mengadopsi metode korelasi tipe asosiatif untuk menjawab pertanyaan penelitian. Adapun responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa PPKn UNP dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa pengaruh media sosial terhadap partisipasi politik mahasiswa PPKn UNP memiliki nilai Adjust R Square 0,573 yang artinya media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi politik mahasiswa PPKn UNP pada Pemilihan Umum presiden 2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...