JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Konsep Pendidikan Islam Menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas

Kurnia Meida Dewi (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Abdurrohim Abdurrohim (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Taufik Mustofa (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
23 May 2024

Abstract

Al-Attas menekankan bahwa dasar pendidikan merupakan isi, bukan proses. Manusia ialah salah satu yang harus diperhatikan pada saat ini. Karena masyarakat memakai istilah "nathiq", yang berarti "rasional", mereka sering memakai rasio guna mengungkapkan sesuatu. Didalam hal ini, penting guna mempertimbangkan perkembangan peserta didik. Konsep mengenai pendidikan Islam, dengan didukung sebuah karya oleh Syed Muhammad Naquib Al-Attas, menunjukkan jalan pendidikan dididalam Islam dan membantu didalam pengembangan dan kemajuan kualitas pendidikan. Seorang akademisi Muslim asal Indonesia bernama Syed Muhammad Naquib. Al-Attas telah berkontribusi dengan substansial pada sistem pendidikan Islam di Indonesia. Silsilah pada keluarga Naquib Al-Attas jika ditinjau akan mengarah pada Hussein, cucu dari Nabi Muhammad SAW. Ada tiga istilah pandangan Naquib Al-Attas terhadap pendidikan yaitu Tarbiyah, Ta'lim, serta Ta'dib. Namun, Naquib Al-Attas berpendapat bahwa Ta'dib mengandung ajaran, aspek pengetahuan, dan pendidikan yang menggambarkan tingkah laku manusia dan hakikatnya melalui rumusan ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan guna mendapatkan pemahaman tentang konsep dan teori pendidikan Islam yang didasarkan pada pemikiran Naquib Al-Attas. Metode studi penelitian ini merupakan riset kepustakaan dan kajian analitis. Tujuan Penelitian ini bertujuan guna meningkatkan pemahaman tentang biografi Naquib Al-Attas serta ide-idenya mengenai pemikiran pendidikan didalam Islam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...