JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Implementasi Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Literasi Digital di SMA Muhammadiyah 2 Kota Pekanbaru

Hasnah Faizah (Universitas Riau)
Auzar Auzar (Universitas Riau)
Risky Yanti Ulfa (Universitas Riau)
Sri Rahayu (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2024

Abstract

Literasi digital adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Implementasi kebijakan tersebut harus merespon kehidupan yang memasuki era Revolusi Industri 4.0. Sebagai salah satu bidang kehidupan dimana generasi penerus harus mempersiapkan masa depan, pendidikan harus menjadi garda terdepan dalam penerapan literasi digital. Dunia pendidikan harus secara aktif merespon fenomena yang terjadi, termasuk menyikapi perubahan di era ini. Pembelajaran berbasis literasi dirancang untuk pembelajaran yang berpusat pada siswa, mendorong pencarian informasi melalui berbagai bahan referensi (cetak dan digital). Dalam penelitian ini ditemukan beberapa penemuan yang berkaitan dengan literasi digital siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang berbasis kearifan lokal, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Faktor yang mendukung literasi digital dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI SMK Muhammadiyah 2 pekan baru yaitu, Fasilitas dan sarana sekolah yang memadai untuk memaksimalkan kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan literasi digital. Sedangkan faktor yang menghambat literasi digital yaitu kondisi sebagian siswa yang tidak meratanya kompetensi siswa dalam menganalisis dan menyimpulkan referensi digital selama pembelajaran daring dan kurangnya kedisiplinan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...